Sambas  –  Javanewsonline.co.id |  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas sukses menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (Musrenbang TJSLP). Acara yang dihadiri oleh sektor-sektor usaha perkebunan, perbankan, serta berbagai unsur pemerintahan, menjadi momentum penting dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Sambas.

Musrenbang TJSLP diselenggarakan pada Selasa (31/10) di salah satu ruang pertemuan hotel di Sambas, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir H Fery Madagaskar Msi. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, Anwari Ssos MAP, yang mewakili Ketua DPRD Kabupaten Sambas, turut hadir dan memberikan apresiasi atas fokus Musrenbang pada aspek Pembangunan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Anwari menyampaikan apresiasi dari DPRD Kabupaten Sambas terhadap pelaksanaan Musrenbang TJSLP. Ia menganggap bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Sambas Nomor 9 Tahun 2022 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

“Pelibatan sektor-sektor usaha dalam musyawarah perencanaan ini menunjukkan komitmen bersama untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Sambas. Kami berharap semua pihak dapat berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Anwari.

Musrenbang TJSLP tidak hanya melibatkan pelaku usaha, tetapi juga melibatkan unsur pemerintahan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga para camat. Ini menciptakan platform dialog yang luas dan representatif untuk merumuskan rencana pembangunan yang dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat dan lingkungan.

Dalam konteks ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir H Fery Madagaskar Msi, menekankan bahwa pembangunan yang berkelanjutan memerlukan kolaborasi antara sektor usaha dan pemerintah daerah. Melalui Musrenbang TJSLP, diharapkan dapat lahir inisiatif dan program yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Musrenbang TJSLP bukan hanya sebagai forum perencanaan, tetapi juga sebagai wadah sinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan partisipasi aktif semua pihak, diharapkan Kabupaten Sambas dapat menjadi contoh dalam menghadirkan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi semua stakeholders. (*)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *