Jakarta – Javanewsonline.co.id | Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Pro Jurnalismedia Siber (PJS) resmi dibuka oleh Ketua Dewan Pembina DPP PJS, Irjen Pol (Purn) Anton Charlian, pada Sabtu (28/10). Acara ini berlangsung di Convention Hall Grand Palace Kemayoran, Jakarta Pusat, dan dihadiri oleh perwakilan dari 16 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PJS di seluruh Indonesia, termasuk DPD PJS Provinsi Banten. Rakernas ini akan berlangsung hingga tanggal 30 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Anton Charlian mengajak seluruh anggota PJS untuk bekerja “hand in hand” dan bersatu padu untuk menjadikan organisasi profesi ini besar dan dihormati oleh masyarakat, terutama dalam kalangan pers di Indonesia. Ia merasa bertanggung jawab sebagai Dewan Pembina untuk bersama-sama memajukan dan membesarkan PJS, terutama di era digitalisasi saat ini. Anton Charlian, yang pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri dan Kapolda Jabar, berbagi pengalaman jurnalistiknya untuk memotivasi seluruh jurnalis yang tergabung dalam PJS. Ia menekankan bahwa untuk menjadi jurnalis yang dihormati, harus mampu menjadi kreator konten dan menghasilkan karya jurnalistik yang menjadi trending topik.

“Jurnalis PJS harus mampu membuat terobosan baru dalam memproduksi berita sehingga tampil berbeda dari yang lain, dan ini akan membantu membangun kepercayaan pembaca atau pemirsa. Meskipun PJS adalah organisasi yang relatif baru, saya yakin bahwa dengan kebersamaan dan kerja keras, PJS dapat menjadi organisasi besar, profesional, bahkan dapat melampaui organisasi pers lainnya,” kata Anton Charlian.

Ketua Umum DPP PJS, Mahmud Marhaba, mengingatkan seluruh anggota dan pengurus PJS yang telah terbentuk di 28 provinsi untuk selalu menjaga dan mematuhi Kode Etik Jurnalistik serta Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Ia menekankan visi awal PJS untuk menghasilkan jurnalis yang kompeten menuju konstituen dewan pers.

Ketua Panitia Rakernas, Abdul Rasyid Zainal, mengapresiasi kehadiran semua pengurus PJS dari seluruh Indonesia dan para undangan yang hadir. Ia juga meminta maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan acara tersebut dan berharap agar Rakernas ini menjadi momen istimewa yang mempererat tali silaturahmi.

Rakernas akan dilanjutkan dengan pleno pada hari Ahad (30/10/2023) pagi hingga sore, dan pada tanggal 31 Oktober, seluruh peserta akan check-out dan kembali ke tempat masing-masing. Acara ini juga dihadiri oleh Tim Relawan Ganjar, Tim Prabowo, perwakilan dari Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Dewan Pakar DPP PJS Troy Pamilango, serta undangan lainnya. Rakernas I Pro Jurnalismedia Siber diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memajukan jurnalisme siber di Indonesia. (man)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *