Jepara – Javanewsonline.co.id  |  Pemerintah Kabupaten Jepara sukses memperoleh prestisius Penghargaan Swasti Saba Wiwerda sebagai Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2023. Kepemimpinan Penjabat (Pj.) Bupati Jepara, H. Edy Supriyanta, memberikan fokus tinggi pada kesehatan masyarakat di Kota Ukir.

Penghargaan ini merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/2087/2023 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023.

“Alhamdulillah, Jepara berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh masyarakat Jepara,” ungkap H. Edy Supriyanta.

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda diserahkan secara langsung kepada Pj. Bupati Jepara, Edy Supriyanta, pada acara penganugerahan yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, pada Selasa, 28 November 2023 malam. Edy Supriyanta didampingi oleh Kadinkes Jepara, Mudrikatun, Kabid Kesmas Dinkes Nurkholis, dan FKJS Ismuyanto.

Jumlah total 136 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia meraih Penghargaan Swasti Saba pada tahun ini, dengan rincian 75 (Swasti Saba Padapa), 34 (Swasti Saba Wiwerda), dan 27 (Swasti Saba Wistara).

“Di Jawa Tengah, hanya dua kabupaten yang meraih Wiwerda, yaitu Sragen dan Jepara,” tambah Edy.

Edy Supriyanta menjelaskan bahwa keberhasilan Jepara meraih predikat Wiwerda ini disebabkan oleh pemenuhan persyaratan penilaian tercapainya standar desa Open Defecation Free (ODF), mencapai 90 persen. ODF merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengurangi praktik buang air besar sembarangan (STBM), yang memiliki dampak signifikan terhadap penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

“Ada sembilan tatanan dan indikator yang harus dipenuhi, melibatkan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, pendidikan, pasar, wisata, transportasi, perkantoran, industri, perlindungan sosial, hingga pencegahan bencana,” terangnya.

Penghargaan Swasti Saba ini menjadi yang kelima diterima oleh Kabupaten Jepara sejak tahun 2009. Perjalanan prestasi dimulai dari Swasti Saba Padapa pada tahun 2009, dan diikuti oleh Swasti Saba Wiwerda pada tahun 2011, 2013, 2015, dan kembali meraihnya pada tahun 2023. @Once

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *