Donggala  –  Javanewsonline.co.id  |  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB) Listiyawati, SE., M.A.P., menjelaskan pentingnya meningkatkan partisipasi pria dalam program Keluarga Berencana (KB). Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas serta keberlanjutan program KB.

Partisipasi pria dalam KB dan kesehatan reproduksi memiliki peran yang signifikan, karena pria adalah mitra dalam proses reproduksi dan kesehatan seksual. Oleh karena itu, sangat relevan bahwa pria dan wanita berbagi tanggung jawab dan peran dalam hal ini.

Listiyawati menjelaskan, “Partisipasi pria sangat penting untuk mencapai kepuasan dalam kehidupan seksual, berbagi tanggung jawab dalam mencegah penyakit, serta menghindari komplikasi yang berkaitan dengan KB dan kesehatan reproduksi.”

Selain itu, pria juga memiliki tanggung jawab sosial dan ekonomi, terutama terkait dengan kesejahteraan anak-anak mereka. Oleh karena itu, keterlibatan pria dalam pengambilan keputusan tentang reproduksi dapat memperkuat ikatan keluarga dan keturunan.

Untuk meningkatkan partisipasi KB pria, dibutuhkan inovasi dan terobosan. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan penggunaan kondom, yang tidak hanya dapat meningkatkan partisipasi pria dalam KB, tetapi juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit menular.

Listiyawati, sebagai Kabid KB, berharap agar upaya meningkatkan partisipasi pria dalam program KB terus ditingkatkan, mengingat bahwa saat ini tingkat partisipasi pria dalam KB masih tergolong rendah. Dalam rangka mencapai tujuan keluarga yang sehat, bebas stunting, dan berencana, partisipasi aktif pria sangat diperlukan.

Upaya peningkatan partisipasi KB pria telah disosialisasikan di seluruh kecamatan Kabupaten Donggala, dengan harapan dapat membentuk masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya peran pria dalam program KB. (Sir)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *