Pangandaran – Javanewsonline.co.id | Pangandaran selain terkenal dengan wisata pantainya ternyata juga mempunyai satu destinasi wisata yang menjanjika para pengunjungnya akan bertambah sehat setelah mengunjungi obyek wisata yang satu ini.

Destinasi Wisata Kampung Madu Pangandaran (MAPAN), yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan Taruna Karya terletak di Dusun Karangkamal Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Selasa ( 16/11/2021) diresmikan oleh Wakil Bupati Pangandaran, H Ujang Endin Indrawan.

Selain menyajikan suasana hutan yang sejuk, para wisatawan juga bisa mencicipi madu alami dari lebah-lebah yang di tangkarkan oleh anggota kelompok tani, tentunya dengan mengunjungi obyek wisata Kampung MAPAN, selain menyegarkan pikiran juga menyehatkan badan.

Wabub Pangandaran Ujang Endin Indrawan dalam kata sambutannya mengatakan dengan adanya motifasi dari kelompok Tani Hutan Taruna Karya, bisa mendorong perubahan mentalitas masyarakat pedesaan menjadi masyarakat berprinsip ekonomi, supaya dapat meningkatkan perekonomian di Dusun Karang Kamal, khususnya masyarakat di Desa Margacinta.

“Dusun Karangkamal Desa Margacinta ini, salah satu dusun termarjinalkan sampai saat ini. Bisa di buktikan jalanpun masih belum memadai, namun takterduga saat ini Dusun Karangkamal melalui pemberdayaan Kampung Madu Pangandaran (MAPAN), bisa memasuki 23 besar pada ajang Kompetisi Pelayanan Publik Tingkat Jawa Barat (KIJB) 2021. Mudah-mudahan ke depan, dengan adanya program sekarang, insfrastruktur bisa lebih baik dengan dukungan berbagai pihak,” terangnya.

Masih menurut Wabub, dengan memotivasi mendorong masyarakat untuk maju berkembang, meningkatkan gerakan perekonomian masyarakat, Wabub juga berharap Pemprov Jabar bisa memberikan binaan, demi kemajuan masyarakat pedesaan.

“Maka jangan lupa untuk memperhatikan mutu dan kwalitas hasil produksi di samping kuantitas, dan kedepan ketika sudah jelas dalam bidang market ke depannya bisa dikembangkan di tempat tempat lainnya,” kata Wabub.€

Lebih lanjut Wabub mengatakan, kedepannya selain menjadi produksi Madu, juga bisa disesuaikan dengan kepariwisataan, wisatawan selain menikmati wisata juga bisa menikmati madunya, yang penting terus berjuang dan bergerak demi kemajuan bersama.

Sementara itu Kabid KPPN Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Jabar Lisa Apriani selaku Tim Penilai KIJB mengatakan, di tahun 2021 ini, program patriot Desa Pangandaran bisa masuk ke 23 besar pada ajang KIJB 2021.

Dengan hadirnya program ini, semata mata atas dukungan semua pihak, karena program ini tidak akan berjalan apabila tidak ada dukungan baik dari elmen masyarakat dan dari Pemerintah Daerah.

Pada kegiatan tersebut, selain Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan juga hadir Kepala Dinas Perindakop dan UMKM Pangandaran, Kepala Dinas Sosial dan PMD, Sekdis Pariwisata dan Kebudayaan, Sekdis Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan Prov Jabar, Dinas PMD Provinsi Jabar, Camat Cojulang, Polsek Cijulang, Koramil Cijulang, Kepala Desa Margacinta, Team Penilai verifikasi Jabar dan tokoh masyarakat lainya. (upi)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *