Bangkalan  – Javanewsonline.co.id  | Pemerintah Desa Mangkon, bekerja sama dengan Puskesmas Arosbaya, menggelar kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi warga Desa Mangkon, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan pada Kamis (16/05/2024). Kepala Desa Mangkon, Rusdi, serta bidan desa, Ibu Irfani, bersama petugas Dinas Kesehatan Arosbaya, mengapresiasi kegiatan yang dipusatkan di Balai Polindes yang sekaligus menjadi Balai Desa Mangkon.

Langkah kolaboratif ini bertujuan untuk menjangkau serta memfasilitasi masyarakat desa dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang layak dan merata. “Alhamdulillah, pengobatan gratis ini merupakan kerja sama antara Puskesmas Arosbaya, pemerintahan desa, serta teman-teman dari Puskesmas Arosbaya melalui CSR-nya, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan maupun desa. Ini rutin dilaksanakan di desa lain secara bergantian,” ujar Ibu Irfani, bidan desa Mangkon.

Ia menambahkan bahwa hadirnya tenaga medis dalam pengobatan gratis ini turut membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat, mengingat tanggung jawab kesehatan membutuhkan kerja sama serta dukungan dari lintas sektor. “Upaya preventif seperti penyuluhan dan sosialisasi yang selama ini dilakukan oleh kader PKK dan Posyandu sangat terbantu dengan adanya pengobatan dari tenaga medis sebagai tindakan kuratif,” ungkapnya.

Kepala Desa Mangkon, Rusdi, menambahkan bahwa masyarakat dapat memeriksakan kondisi kesehatannya melalui berbagai layanan yang disediakan dalam posko pengobatan gratis tersebut sebagai langkah awal mendeteksi berbagai risiko penyakit agar dapat ditangani sedini mungkin. “Masyarakat dapat mengakses pemeriksaan rutin yang biasa dilakukan di layanan kesehatan pada umumnya, baik pemeriksaan ibu hamil, tensi darah, gula darah, kolesterol, diabetes, dan ini terbuka untuk semua usia, baik anak-anak maupun dewasa. Sehingga jika ditemukan indikasi penyakit tertentu dapat segera dirujuk untuk penanganan selanjutnya,” katanya.

Rusdi juga menyampaikan bahwa program kesehatan serupa akan terus diupayakan agar masyarakat, khususnya yang tinggal di desa, bisa merasakan pelayanan kesehatan dan pengobatan secara merata. “Melihat respons positif serta antusiasme warga yang datang mengikuti kegiatan ini, mereka mengaku senang dan merasakan manfaat dari layanan kesehatan gratis ini. Kami akan terus berkomunikasi dengan instansi kesehatan lain. Mudah-mudahan kegiatan bakti sosial ini bisa terus berlanjut dan mendapat dukungan dari instansi kesehatan lain,” imbuhnya. (Wahid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *