Blitar, Javanewsonline.co.id  |  Guna mengantisipasi cuaca ekstrem dan memberikan kenyamanan bagi warga, Desa Dawuhan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, membangun drainase untuk normalisasi saluran air. Pembangunan drainase ini dilaksanakan di Dusun Gogourung RT 05/3 dengan volume P-29, L-0,5, dan T-0,5, dan menelan anggaran sebesar Rp 68.309.000,- yang bersumber dari dana APBdes TA 2024.

Sebelum pembangunan drainase ini, saat hujan deras, halaman rumah warga di Dusun Gogourung selalu tergenang air hingga meluber ke sawah, menyebabkan terkikisnya galengan dan rusaknya tanaman, sehingga warga mengalami kerugian.

“Dengan dibangunnya drainase ini, kami sangat terbantu. Sebelumnya, saat hujan halaman rumah selalu tergenang air hingga meluber ke sawah. Hal ini menyebabkan galengan terkikis dan tanaman rusak,” ujar Adi Purnomo, salah satu warga setempat.

Kepala Desa Dawuhan, Ahmad Muhibudin, mengatakan bahwa pembangunan drainase ini dilakukan atas dasar usulan warga dan untuk mengatasi genangan air yang selama ini selalu melanda Dusun Gogourung saat musim hujan.

“Harapannya setelah dibangunnya drainase ini, warga sudah nyaman dan tidak terdampak lagi oleh genangan air,” kata Ahmad Muhibudin.

Pembangunan drainase ini disambut positif oleh warga Dusun Gogourung. Mereka berharap dengan drainase yang baru ini, halaman rumah mereka tidak lagi tergenang air saat hujan deras. (Edi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *