Indramayu  –  Javanewsonline.co.id  | Sebanyak 136 Kuwu di Kabupaten Indramayu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, pada Rabu (22/5/2024) di Pendopo Indramayu.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Indramayu Nomor: 100.3.3.2/Kep.185/DPMD/2024 tentang Pemberhentian Penjabat Kuwu dan Perpanjangan Masa Jabatan Kuwu Tahun 2024.

Dalam pidatonya, Bupati Nina Agustina menegaskan pentingnya para Kuwu untuk melanjutkan pembangunan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat di desa masing-masing. “Para Kuwu harus berkolaborasi dan bersinergi untuk menyukseskan 10 program unggulan. Penggunaan dana desa harus mengcover program tersebut sehingga dirasakan sampai masyarakat,” ujarnya.

Nina juga menekankan pentingnya penyelesaian masalah kemiskinan di desa-desa agar Kabupaten Indramayu bisa keluar dari kategori miskin ekstrem. “Mari sama-sama melanjutkan pembangunan dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah yang masih muncul,” tegasnya.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat, menjelaskan bahwa pengukuhan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. “Pada Pasal 118 huruf e diterangkan bahwa kepala desa yang habis masa jabatannya sampai dengan bulan Februari tahun 2024 dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan undang-undang ini,” jelas Jajang.

Eka Munandar, Kuwu Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu atas pengukuhan kembali para Kuwu di Kabupaten Indramayu. “Kami siap kembali mengabdi di desa dan melanjutkan pembangunan demi mewujudkan Indramayu Bermartabat,” kata Eka.

Rustani, Kuwu Jayamulya Kecamatan Kroya, juga menyatakan kesiapan para Kuwu yang telah dikukuhkan untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Indramayu.

Pelantikan ini diharapkan dapat membawa semangat baru dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di desa-desa Indramayu. (Agus Riyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *