Bone  – Javanewsonline.co.id | Pj. Bupati Bone, Drs. H. A. Islamuddin, M.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan segenap jajaran Pemkab Bone melaksanakan ziarah ke Makam Raja Bone Ke-IX Lapattawe di Kabupaten Bulukumba dan Makam Raja Bone Ke-XI La Tenriruwa Sultan Adam di Kabupaten Bantaeng. Kegiatan ini dilakukan secara rutin sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bone (HJB) Ke-694.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Bulukumba, H. A. Edi Manaf, dan Pj. Bupati Bantaeng, Dr. A. Abu Bakar, S.IP., M.Si. Ziarah di Makam Raja Bone Ke-IX Lapattawe Matinroe Ri Bettung Kabupaten Bulukumba dan Makam Raja Bone Ke-XI La Tenri Ruwa Sultan Adam Matinroe Ri Bantaeng Kabupaten Bantaeng dilaksanakan pada Senin, 26 Februari 2024.

Pj. Bupati Bone menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi tahunan dalam menyambut HJB dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu. “Banyak sejarah yang ditinggalkan oleh pendahulu kita sehingga sepatutnya sebagai generasi pelanjut, kita harus mengingat dan merevitalisasi momen historis sebagai pondasi membangun Bone,” ujar Pj. Bupati Bone.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bone juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan Bantaeng atas dukungan mereka. Dia menjelaskan bahwa dalam usia yang hampir tujuh abad, Kabupaten Bone terus berbenah untuk mensejajarkan diri dengan daerah lain yang sudah maju.

“Dalam kesempatan ini, kami mengundang Pemerintah Daerah Bulukumba dan Bantaeng untuk menghadiri kekhasan di Bone pada puncak HJB Ke-694, yaitu pencucian benda pusaka yang berusia ratusan tahun pada tanggal 20 April mendatang,” tambah Pj. Bupati Bone.

Kegiatan ziarah ini diharapkan dapat memperkuat kebersamaan antar-daerah dan memupuk rasa cinta terhadap sejarah serta tradisi yang telah diwariskan oleh para leluhur. Peringatan Hari Jadi Bone Ke-694 diharapkan akan menjadi momentum untuk terus membangun dan meningkatkan prestasi daerah. (Arbain)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *