Jepara – Javanewsonline.co.id | Dukungan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional berdatangan, baik dari Tokoh-Tokoh Nasional, maupun Budayawan dan Sejarawan. Hal itu didukung penuh oleh semua unsur lapisan masyarakat Jepara, sehingga Tim verifikasi dari Jakarta berkunjung ke Jepara  melakukan verifikasi, Senin (29/8).

Tim verifikasi lapangan dari Jakarta melakukan verifikasi terkait usulan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional. Sebelum masuk ke Jepara Tim bertemu dengan TP2GD Provinsi Jawa Tengah.

Setelah tiba di Jepara mereka langsung melakukan rapat di RMP Sosrokartono RR 1 Setda Jepara, bertemu dengan Tim Pengusul dan Penyusun Naskah, Pj Bupati, Setda dan Tokoh masyarakat, dilanjutkan kunjungan ke Makam Ratu Kalinyamat di Mantingan pada pukul 15.00 Wib.

Pj Bupati Jepara Edy Suprianta disela kesibukannya menyampaikan, bahwa ia bersama Forkopimda dan perwakilan dari masyarakat, Peneliti dan Narasumber mengucapkan terima kasih atas kedatangan verifikasi lapangan, sehubungan dengan usulannya agar Ratu Kalinyamat dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Kami sangat berharap hasilnya akan sangat baik, mohon doa kepada seluruh masyarakat Jepara agar Ratu Kalinyamat dapat dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Doa dari seluruh lapisan masyarakat Jepara sangat kami harapkan,” ujar Edy Suprianta.

Ditempat yang sama, Wakil Pimpinan DPRD Kab Jepara Pratikno, mewakili lembaga DPRD, 50 anggota DPRD  dan rakyat Jepara, sangat mendukung penuh dengan membuat petisi dan tanda tangan bersama, untuk mendukung Ratu Kalinyamat menjadi Pahlawan  nasional.

Surat dukungan akan segera dikirimkan kepada Presiden Jokowi, ini menjadi harapan dan inspirasi rakyat Jepara, agar Ratu Kalinyamat dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Untuk itu, kami mohon kepada Presiden, Aspirasi ini bisa didengar, sebagai perwakilan dari rakyat  Jepara, Ratu Kalinyamat adalah inspirasi perjuangan masyarakat Jepara, kami sudah ajukan beberapa kali, namun selalu  ada kendala. Saat ini sudah ditemukan dokumen primer yang menjadi kebijakan dan syarat administrative dan sudah dipenuhi semua,” papar Pratikno.

Hal senada juga disampaikan R Lukito selaku Ketua Tim Pakar Naskah Akademik Ratu Kalinyanat. Ia merasa bangga punya bangsa yang begitu kuat memperjuangkan rakyatnya menjadikan seorang ratu menjadi Pahlawan nasional. “Kita sudah mendapatkan buku-buku primer dari Portugal langsung, atas bantuan dari beberapa pihak. Kami bangga dan bahagia sekali, semoga usaha kita berhasil menjadikan Ratu Kalinyamat menjadi Pahlawan Nasional,” pungkasnya. @once 

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *