Jepara  –  Javanewsonline.co.id | Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jepara menyelenggarakan acara Jagong Bareng bersama Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Pewarta pada hari Senin. Acara yang digelar di Meat dan Eat Resto Bandengan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Pj. Bupati Jepara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim 0719/Jepara yang diwakili Kasdim Syarifudin Widianto, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Jepara Sulistyo Utomo, serta Kepala Bakesbangpol Lukita Sudi Asmara sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Kasdim Syarifudin Widianto mengungkapkan bahwa perbedaan pendapat yang tidak disalurkan dengan baik dapat menimbulkan ketegangan dan konflik. Oleh karena itu, Ormas diundang untuk bersama-sama menyatukan persepsi guna mencegah insiden yang tidak diinginkan selama Pemilu 2024.

Ormas diharapkan mampu memainkan peran sebagai juru damai dan aktif menjaga serta memelihara situasi yang kondusif di daerah tersebut.

Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menegaskan pentingnya kerja sama antara ormas dan media dalam mendukung pembangunan daerah. Selain itu, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) juga menjadi perhatian utama, terutama dalam mengatasi permasalahan seperti balapan liar yang dilakukan oleh anak-anak muda. Pihak berwenang, orang tua, dan masyarakat secara keseluruhan diharapkan dapat bersama-sama mengawasi anak-anak mereka.

Sulistyo Utomo, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Jepara, menekankan peran penting Ormas dalam mensukseskan Pemilu 2024. Masyarakat diingatkan agar berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini tanpa melanggar hukum. Terkait penggunaan media sosial, Sulistyo Utomo mengingatkan bahwa media sosial memiliki dua sisi, positif dan negatif, sehingga harus digunakan secara bijak untuk menghindari pelanggaran Undang-Undang ITE.

Sekretaris Daerah, Edy Sujatmiko, dalam kesimpulannya, menggarisbawahi peran kunci Ormas dalam menciptakan kondisi kondusif di daerah tersebut. Ormas dianggap sebagai pilar utama yang harus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan mendukung suksesnya Pemilu 2024 di Jepara.

“Ormas sebagai pencipta kondusifitas daerah harus ikut serta dalam menjaga keamanan di Jepara serta mensukseskan Pemilu,” ungkapnya.

Dengan semangat kerja sama antara Ormas, pemerintah, dan media, diharapkan Jepara dapat tetap aman dan sukses dalam melaksanakan Pemilu 2024. @once

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *