Serang – Javanewsonline.co.id | Merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia mempengaruhi banyak hal, baik di pemerintahan maupun swasta. Begitupun kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan digedung-gedung perkantoran atau kegiatan dilapangan, waktu, tempat dan jarak nya dibatasi, tidak ada lagi kegiatan yang mengundang kerumunan.  

Begitu pun pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini, HPN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada lagi acara yang dibalut dengan kemeriahan tari-tarian dan penampilan budaya dari berbagai daerah. Sebab HPN kali ini dirayakan secara virtual, baik didaerah-daerah maupun di pusat.

Untuk memeriahkan HPN, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Provinsi Banten mengadakan kegiatan bagi-bagi masker kepada masyarakat di kabupaten maupun di kota Serang. Kegiatan tersebut dilakukan di tiga titik secara bersamaan, pembagian masker dilakukan secara roadshow. Kegiatan ini merupakan dukungan insan pers dengan para donatur, tujuannya untuk membantu masyarakat memutus mata rantai Covid-19.

Ketua Pokja Wartawan Provinsi Banten Hasuri SH mengatakan, setiap tahun Pokja wartawan Provinsi Banten selalu mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos), sebab kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Seiring dengan adanya imbauan pemerintah, agar tidak ada pengumpulan massa, kegiatan ditunda dan diganti dengan pembagian masker.

Ia menganggap kegiatan ini selaras dengan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat di saat wabah Covid-19. “Semoga aksi bagi-bagi masker ini bisa membantu mencegah merebaknya wabah Covid-19,” ujarnya, Selasa (9/2/2021).

Untuk mempermudah distribusi, pembagian masker dilakukan dengan sistem zonasi. Zona I dari Alun-alun sampai dengan Kebon Jahe-Ciceri yang dikoordinatori oleh Dewi Fatimah. Zona II di Palima-Baros-Alun-alun Pandeglang dikoordinatori oleh Nurman Umar. Sedangkan  Zona III dari Kecamatan Ciruas dan sekitarnya dikoordinatori oleh Iwan.

Hasuri menjelaskan, bakti sosial ini dilakukan bukan hanya di tiga tempat, namun kegiatan ini akan berlangsung esok hari di wilayah Kecamatan Anyar dan sekitarnya. “Insya Allah besok kita akan melanjutkan kegiatan ini disekitar Pantai Anyer,” ujarnya.

Hasuri menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan sinergi antar pewarta sebagai salah satu pilar demokrasi. Terutama, untuk membantu mencegah, mengantisipasi dan meminimalisir penularan Virus Corona (Covid 19), terutama bagi pengendara motor, pengemudi becak dan masyarakat umum yang tak menggunakan masker.

Hasuri juga berterima kasih kepada para donatur yang telah membantu terlaksananya kegiatan Bakti Sosial ini. “Kegiatan ini dilakukan dengan bergotong royong, guna membantu masyarakat di tengah masa pandemi virus corona, serta untuk memutus mata rantai penularan virus Corona (Covid19),” pungkasnya. (man)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *