Makassar (Sul-Sel) – Javanewsonline.co.id | sebanyak Tiga belas unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan Ambulans dari Pemprov Ehime jepang diterima secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kementerian Dalam Negeri RI, pada hari Sabtu (5/2/2021).

Penyerahan mobil hibah dilakukan oleh Presiden Toyota Ehime dan diterima oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Penyerahan itu digelar secara virtual pada Jumat, 5 Februari 2021 dan disaksikan langsung oleh Duta Besar Jepang di Makassar.

Menurut Nurdin, Kerja sama antara jepang dan Indonesia sudah berlansung sejak tahun 2009 dan bantuan mobil hibah ini akan memperluas kerja sama antara Ehime dan Sulsel. Dengan demikian, Provinsi Sulsel dan Provinsi Ehime tidak hanya sebatas menerima hibah, tetapi akan mendorong investor-investor yang ada di Jepang untuk masuk ke Sulawesi Selatan.

Nurdin mengatakan, pada masa pandemi Covid-19, pemerintah dituntut untuk lebih hemat dalam penggunaan anggaran. Namun bukan berarti layanan pada masyarakat harus terhenti.

Sementara, terkait ongkos pengiriman, Pemprov Sulsel hanya mengeluarkan dana sekira Rp 30 juta per kontainer, dengan muatan dua unit mobil. Selanjutnya, sebanyak 21 unit mobil hibah akan menyusul dan segera dikirimkan secara bertahap.  ”Untuk penyerahan mobil  ke berbagai kabupaten, kita akan melihat dulu daerah-daerah yang membutuhkan, termasuk ambulan,” kata Nurdin Abdullah. (Syarifuddin)  

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *