Karawang – Javanewsonline.co.id | Dalam rangka pemulihan ekonomi daerah pasca covid 19,  Pemdes Wadas,Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang melaksanakan Program Ketahanan Pangan berdasarkan Perpres 104 Tahun 2021, untuk meningkatkan produktifitas Ketahanan Pangan khususnya di wilayah  Kabupaten Karawang, atas intruksi Pemerintah Pusat.

Menurut Keterangan Dasan Sujana, selaku Kaur Keuangan di Desa Wadas, saat ditemui awak media Javanewsonline.co.id menuturkan, bahwa kegiatan Program Ketahanan Pangan ini merupakan program Pemerintah Pusat.

“Prioritas yang dilaksanakan selain pertanian juga Budi daya Ikan dan Hewan ternak. Ini merupakan program unggulan pasca Covid 19 untuk pemulihan ekonomi di desa kami, yang bersumber dari 20% Dana Desa Tahun Anggaran 2022, untuk peningkatkan produktifitas lahan pangan Pertanian dan Perikanan,” terangnya.

Untuk Budi ikan dianggarkan dana pembuatan kolam Terpal, pengadaan bibit ikan dan pakan sebesar Rp 47.500.000,-. Selain itu, akan dibangun 3 buah kandang kambing dengan ukuran 5 x 7 meter dan pengadaan bibit kambing sebanyak 100 ekor, sebesar Rp 216.000.000,- untuk sektor peternakan kambing, anggaran akan dibagi dalam 2 tahap, yaitu Dana Desa Tahap I dan Tahap II Tahun 2022.

Selain proses budidaya, kegiatan ketahanan pangan dan hewani ini juga rencananya akan dijadikan tempat edukasi bagi warga Desa Wadas, terkait budidaya ikan dan perternakan kambing, dengan harapan program Ketahanan Pangan Desa Wadas dapat meningkatkan sumber daya manusia dan produktifitas untuk membantu pemulihan ekonomi. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Kades H Jujun Junaedi, yang telah banyak mensuport dan memberi gagasan untuk program Ketahanan Pangan di  Desa Wadas ini,” ucapnya. (Zaenal)   

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *