Kalimantan – Javanewsonline.co.id | Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Polda Kalteng terus melakukan inovasi pada pelaksanaan tugasnya, salah satunya yakni dengan menerapkan fasilitas layanan besuk online bagi para tahanan di markas komandonya.

Fasilitas itu pun disediakan pada ruang tahanan yang berada di Mapolresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang pada hari ini kembali digelar untuk pelaksanaannya, Kamis (6/10/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

“Fasilitas besuk online bagi tahanan ini akan terus dioperasikan, sebagai bentuk pelayanan bagi pihak keluarga yang ingin membesuk para tahanan yang ditempatkan pada ruang tahanan Mapolresta Palangka Raya,” tutur Kasat Tahti sembari memantau keberlangsungannya.

Iptu Erwin Apriadi pun menjelaskan, fasilitas tersebut disediakan sebagai bentuk inovasi hal guna mendukung dan mengoptimalkan tugas jaga pada ruang tahanan markas komandonya, yang telah dikaji dengan sebaik mungkin untuk penerapannya.

“Tentunya fasilitas ini pun disediakan dengan berbagai faktor pertimbangan, diantaranya yakni masih adanya ancaman paparan Covid-19, meminimalkan potensi kerawanan ketika jam besuk hingga tercipta dan terjaganya situasi, kebutuhan dan keperluan para tahanan,” jelasnya

Terkait mekanisme pengoperasiannya, fasilitas layanan besuk tahanan online itu pun akan diatur dan dijadwalkan dengan sebaik mungkin, sebagaimana yang telah dirancang oleh Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sattahti) Polresta Palangka Raya. “Untuk waktu pelaksanaannya dua kali selama seminggu, yakni pada Hari Selasa mulai dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan hari ini yakni Kamis mulai dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB,” terang Iptu Erwin.

Sedangkan untuk prosedur pelaksanaannya, lanjut Erwin, pihak pembesuk wajib terlebih dahulu mendaftarkan data diri, nama tahanan yang akan dibesuk serta status hubungan antar kedua pihak, serta diberikan waktu selama kurang lebih 10 menit untuk berinteraksi melalui video call,” tambahnya.

 Dirinya pun berharap, dengan adanya fasilitas tersebut dapat membantu dan mengoptimalkan tugas jaga ruang tahanan mako yang dilakukan oleh para personel serta meminimalkan potensi penyebaran Covid-19 di area internal Polresta Palangka Raya.

“Semoga fasilitas ini dapat membantu rekan-rekan yang bertugas agar dapat lebih fokus untuk menjaga keamanan ruang tahanan walaupun sedang jam besuk, serta mencegah terjadinya resiko penularan Virus Corona,” harapnya. (Suparto)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *