Kalimantan – Javanewsonline.co.id | Dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Komisi Informasi (KI) Prov. Kalteng bekerja sama dengan Diskominfosantik Prov. Kalteng selaku Sekretariat KI menyelenggarakan presentasi Badan Publik, bertempat di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (6/10).

Ketua KI Prov Kalteng M Mukhlas Roziqin mengatakan, tahun ini terjadi peningkatan yang cukup bagus untuk kategori Badan Publik yang informatif maupun yang informatif.  “Kita harus bangga, karena berbagai inovasi layanan semakin membaik. Artinya, sinergi Komisi Informasi dengan Pemprov Kalteng untuk membangun kolaborasi dalam pelayanan informasi publik ini semakin meningkat,” jelasnya.

Ketua KI Prov Kalteng ini menambahkan, peningkatan pelayanan informasi publik ini bisa dilihat dari indikator indeks KIP di Kalteng yang dulunya peringkat 31 atau peringkat empat dari bawah, kini naik drastis menjadi peringkat enam dari atas. Ditambah lagi, adanya indeks kebebasan pers, dimana Kalteng menduduki peringkat tiga nasional.

“Saya mengapresiasi kepada Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo yang telah membangun sinergi dan memotivasi, sehingga ketika dinilai oleh Komisi Informasi Pusat, kita menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk hasil dari presentasi hari ini akan disampaikan di malam anugerah KIP yang rencananya akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2022. “Mudah-mudahan nanti tidak ada banyak kunjungan lagi, tapi kita menggunakan emonev,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadiskominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyatakan setelah presentasi Badan Publik ini, akan dilaksanakan pleno untuk menetapkan peringkat masing-masing kategori.

“Tingkat informasi publik tahun ini sudah bagus, Badan Publik yang cukup informatif sudah melakukan upaya maksimal agar informatif. Bagi Badan Publik yang informatif dan menuju informatif pun harus melakukan-inovasi lagi agar tidak turun peringkatnya. Semakin banyak yang informasi maka semakin bagus,” tuturnya.

Sebagai informasi presentasi Badan Publik ini diikuti oleh lima peserta terbaik Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Instansi Vertikal, dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama kabupaten/kota. (SUPARTO)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *