Kayuagung  – Javanewsonline.co.id | Komando Daerah Militer (Kodim) 0402 OKI-OI, membangun Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al-Falah, di Komplek Mandiri Kelurahan Paku Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap pendidikan alquran untuk anak usia dini.

Acara peletakan batu pertama pembangunan TPA Al-Falah yang dilaksanakan pada Selasa (28/09), dihadiri  Kasdim 0402 OKI – OI, Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH MH mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0402 OKI-OI Letkol Czi Zamroni SSos.

Ketua Panitia Pembangunan TPA Al-Falah Lettu INF Ahmad Taupik dalam laporannya mengatakan, pembangunan Gedung TPA tersebut akan dibangun di lahan milik Kodim 0402 OKI-OI berukuran 6 X 6 meter dengan rincian dana yang akan dibutuhkan lebih kurang Rp 72 Juta dan pembangunan pagar TPA 20 X 20 meter dana yang akan dibutuhkan Rp 29 juta.

“Adapun dana yang ada saat ini sebesar kurang lebih Rp 23 juta. Batu bata yang sudah ada sebanyak 15 ribu buah, koral sebanyak 6,5 kubik, pasir 2 mobil dump Truck, semen sebanyak 210 sak, ini semua dari swadaya murni masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Taupik berharap, pembangunan TPA AL-Falah semoga cepat selesai. Untuk penyelesaian pembangunan gedung tersebut perlu dukungan dari masyarakat Kelurahan Paku, khususnya Warga Komplek Mandiri, Perwira dan Perintis.

Dandim 0402 OKI diwakili Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH MH dalam sambutannya mengatakan, akan mendukung penuh dan mengizinkan pembangunan TPA Al-Falah di lahan milik Kodim 0402 OKI-OI.

“Kami mengizinkan lahan milik TNI Angkatan Darat (AD) dalam hal ini Kodim 0402 OKI untuk dibangun TPA dan kami juga mempersilahkan pohon besar untuk ditebang, agar bisa digunakan untuk membuat meja belajar di TPA. Kami mendukung penuh pembangunan TPA tersebut, dengan harapan nantinya anak-anak kita bisa baca tulis Alquran, agar jauh dari kemaksiatan dan narkoba,” ujar Kasdim.

Bupati OKI Iskandar SE diwakili oleh Kabag Kesra Pemkab OKI, Syamsudin SHI dalam sambutannya berharap, dengan berdirinya TPA, anak-anak nantinya bisa dan bebas baca tulis Alquran, agar bisa menjadi imam dalam keluarga dan bisa memimpin membaca yasin di lingkungannya. “Mereka nanti akan terlindung untuk menjauhkan anak-anak dari kenakalan remaja dan pengaruh narkoba,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama OKI diwakili oleh Kasubag TU, H Muazni MPd.I mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0402 OKI-OI, yang telah mewakafkan lahan milik TNI AD tersebut. “Harapan kami, dengan berdirinya Gedung TPA ini dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik dan dapat membentuk generasi yang berakhlak,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Pengurus Musholla Al-Falah H Muntasir SSos mengatakan, dengan berdirinya TPA, diharapkan dapat memberantas dan mengurangi angka buta huruf Alquran. “Dengan kemajuan zaman digitalisasi seperti sekarang ini, seperti hiburan televisi, smartphone dan lainnya, banyak anak yang tidak sempat belajar membaca Alquran, anak-anak tersebut akan jauh dari agama, akhirnya mereka dekat dengan kemaksiatan dan narkoba,” terangnya,

H Muntasir menambahkan, ucapan terima kasih kepada Dandim 0402 OKI-OI, yang telah memfasilitasi dan mengizinkan pembangunan TPA Al-Falah di lokasi tanah milik Kodim 0402 OKI-OI. Dalam kesempatan itu, melalui Baznas, Bupati OKI H Iskandar SE memberikan bantuan dana pembangunan Gedung TPA sebesar Rp 5 juta. Acara ini juga dihadiri oleh Camat Kota Kayuagung Iskandar SSos, Kakan Kemenag Kab OKI diwakili oleh Kabag TU H Muazni MPd.I, Kabag Kesra Pemkab OKI Syamsudin SHI, Ketua Baznas Kab OKI Drs H AM Nazir Bayd, Lurah Kelurahan Paku, Perangkat Kelurahan dan masyarakat Kelurahan Paku, Komplek Mandiri, Komplek Perwira dan Komplek Perintis. (Irwan)  

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *