Palangka Raya – Javanewsonline.co.id |  Kepolisian Resor Kota Palangka Raya Polda Kalteng, menunjukkan keseriusannya dalam mengimplementasikan Program Quick Wins Presisi, yang digagas oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi.

Salah satunya yakni dengan menghadirkan pelayanan Pos Polisi Keliling, yang diawaki oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polresta Palangka Raya bersama Bhabinkamtibmas Polsek jajaran, Selasa (1/11) pagi.

Pelayanan Pos Polisi Keliling tersebut diperkenalkan oleh Kapolresta melalui Kanit Binkamsa Satbinmas, Ipda Narmanto bersama personelnya saat ditemui di Mapolresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Kapolresta, pelayanan Pos Polisi Keliling ini merupakan implementasi dari Program 4 (empat) Quick Wins Presisi Bapak Kapolri, yakni tentang Optimalisasi Pemolisian Masyarakat atau Polmas,” ungkap Ipda Narmanto.

Dirinya menjelaskan, Polmas itu sendiri merupakan suatu kegiatan kepolisian yang dilakukan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan bersama anggota Polri, untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Tujuannya untuk menjaga kondusifitas kamtibmas sebagai media untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, hingga menemukan pemecahan masalahnya atau problem solving,” jelasnya.

Untuk mekanisme pelayanan tersebut, Narmanto pun menerangkan bahwa Pos Polisi Keliling Polresta Palangka Raya akan dioperasikan dengan menggunakan mobil penyuluhan Satbinmas dan para Bhabinkamtibmas di Polsek-Polsek jajaran.

“Pos Polisi Presisi ini akan dibentuk pada setiap kelurahan yang dibina oleh Bhabinkamtibmas, dengan mekanisme pelayanannya yakni menerima pengaduan dan konsultasi dari masyarakat terkait situasi kamtibmas,” terangnya.

“Baik itu aduan gangguan kamtibmas, tindak kriminalitas, peristiwa maupun kejadian hingga dapat pula tentang permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat,” pungkasnya. (sp)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *