Jakarta – Javanewsonline.co.id | Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminudin bersama Wakil Camat Jatinegara Endang Kartika Wahyuningsih, pada Rabu (7/10), menyerahkan kembali rumah kaum duafa, yaitu Fatullah (62) di RT 14/04 dan rumah Kusnadi (36) di RT 06/13 Kelurahan Cipinang Muara Kecamatan Jatinegara.

Kedua rumah kaum duafa tersebut telah dibangun kembali oleh Baznas Bazis Jakarta Timur, dalam program Bedah Rumah Duafa 2020. Kepala Inspektorat Pembantu Kota Jakarta Timur Supendi dan Lurah Cipinang Muara Eddy Sofyan, saat itu turut menyaksikan dibangunnya rumah tersebut.

Wakil Camat Endang Kartika dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Baznas Bazis Jakarta Timur, yang telah membantu perbaikan total rumah dua orang warganya tersebut. Sekaligus berharap kepada pemilik rumah untuk memeliharanya dengan baik. “Ini adalah hasil pengumpulan ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) masyarakat oleh Baznas Bazis,” kata Endang.

Pada kesempatan itu, Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminudin menuturkan bahwa Fatullah itu adalah seorang tunanetra yang penghasilannya dari memijat orang (Pelanggan). Dua anaknya  masing-masing bekerja sebagai Satpam dan office boy dan mereka masing-masing sudah berkeluarga.

“Namun tinggalnya tetap bersama Pak Fatullah. Jadi satu rumah ini dihuni oleh 3 KK dengan 7 jiwa. Karena penghasilan mereka pas-pasan dan tak mampu menyisihkan biaya perbaikan rumah yang hampir roboh. Yang dikeluhkan bila hujan malam hari, terpaksa semua bangun menunggu hujan berhenti, baru bisa tidur lagi,” tutur Aminudin, menceritakan keluh kesah Fatullah ketika disurvey dua bulan silam.

Dengan direhabnya dua rumah milik kaum duafa tersebut, maka hasil bedah rumah yang sudah selesai sebanyak 108 rumah dari program Baznas Bazis Jakarta Timur tahun 2020, dari sejumlah 140 rumah. “Sisanya masih proses pembangunan maupun verifikasi,” ujar Aminudin.

Biaya bedah rumah tersebut dari hasil pengumpulan ZIS se Jakarta Timur tahun 2019 sebesar Rp 16,16 Miliar lebih. Sedang pengumpulan ZIS tahun 2020 sampai Oktober ini mencapai Rp 19,1 Miliar. Itu sudah termasuk hasil ZIS Kelurahan Cipinang Muara sebesar Rp 85 Juta.

Mengenai bedah rumah, Kepala Seksi Kesra Kelurahan Ciracas Tisno, pada Rabu (14/10) mengatakan, Kelurahan Ciracas tahun 2020 sudah menghimpun ZIS Rp 86, 645 Juta, pihaknya telah mengajukan satu rumah lagi untuk dibantu oleh Baznas Bazis Jakarta Timur, yaitu rumah Sobari di RT 01/RW 10 Ciracas. “Sudah disurvey oleh Kelurahan dan Pak Camat, memang kondisinya patut mendapat bantuan. Itu sudah saya laporkan ke Pak Aminudin, semoga dapat dibantu,” ujar Tisno. (Ichsan)  

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *