Jeneponto – Javanewsonline.co.id | DPD Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Jeneponto, didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, dalam hal ini Bidang Paud Dikmas. 

Salihuddin SAg mengungkapkan, bahwa beberapa hari lalu telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan Keaksaraan Dasar (KD), yang berlangsung di aula ruang Guru Dinas Dikbud, Senin (21-24/6).

Sebanyak 80 orang Perwakilan Tutor KD PKBM se-Kabupaten Jeneponto menjadi peserta dalam kegiatan tersebut, pada Jumat (25/6). Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bidang Paud Dikmas Dra Hj Sitti Nurhayati MM.

Dalam sambutannya ia mengatakan, bahwa pihak Dinas Dikbud sangat mengapresiasi pelaksanaan Bimtek, yang secara mandiri dilaksanakan oleh para pengelola PKBM se-Kabupaten Jeneponto.

Lebih lanjut ia berharap, dengan Bimtek kali ini, para peserta dapat mengikutinya dengan serius, agar program pembelajaran KD yang akan dilaksanakan di lapangan betul-betul terlaksana sesuai dengan target. Capaian silabus KD akan menghasilkan peserta didik yang pandai membaca, menulis dan berhitung, serta memiliki keterampilan fungsional.

Ketua DPD FK PKBM Kabupaten Jeneponto Salihuddin SAg juga mengatakan dalam sambutannya, bahwa ikhtiar pelaksanaan Bimtek ini adalah salah satu momentum untuk membekali para tutor.

Supaya ilmu yang didapatkan nanti, menjadi kompetensi yang tepat dalam menerapkan berbagai pendekatan dan metode mengajar, yang membuat para peserta didik merasa nyaman belajar di kelompoknya masing-masing.

Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan KD tahun 2021 kali ini, juga menghadirkan narasumber dari Forum Komunikasi Tutor Pendidikan Keaksaraan Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Ketua Forum Hj Nakira SPd MPd, dengan materi strategi, pendekatan dan metode pembelajaran KD. Bendahara Forum Sriyenty ST MM dengan materi pemanfaatan media dan bahan ajar KD.

Kegiatan ini difasilitasi oleh tim instruktur alumni ToT Tutor KD tahun 2021 di Bogor, yaitu Salihuddin Sag, yang juga sebagai Ketua FK PKBM Kabupaten Jeneponto dan Muh Nur Ilham S.Kep yang juga sebagai Ketua FK Tutor Pendidikan Keaksaraan (FK TPK)  Kabupaten Jeneponto. Bimtek ini berakhir pada hari ketiga, dengan praktek mengajar bagi seluruh peserta Bimtek. (Ridwan) 

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *