Tangerang – Javanewsonline.co.id | Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Banten bersama Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) terus berupaya menggiatkan dan mengembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah, terutama mengingat jumlah Pondok Pesantren yang sangat banyak dan berpotensi di Provinsi Banten.

Pernyataan ini disampaikan Al Muktabar setelah menghadiri Pembukaan Banten Halal Festival Ramadan dengan tagline ‘Dari Banten untuk Dunia’, yang diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin di Menara Syariah, Kabupaten Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

“KDEKS sangat relevan dengan kelembagaan pondok pesantren, maka tadi Pak Wapres mengarahkan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini pondok pesantren sangat relevan,” ungkap Al Muktabar.

Selain itu, Al Muktabar menuturkan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah memerlukan dukungan dan partisipasi semua pihak agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Tentunya potensi ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten sangat besar, terlebih di Provinsi Banten terletak Menara Syariah. Tadi juga saya menyinggung kesejarahan Banten yang selalu menjadi pusat peradaban dalam berbagai agenda, dan kita berharap bisa mengikuti jejak sejarah tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Al Muktabar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Banten dalam melakukan pengembangan wilayahnya selalu mengandalkan aspek historis dan mengedepankan potensi yang dimiliki.

“Kawasan ini benar-benar kita dorong di mana aspek kesejarahan Banten yang selalu menjadi pusat peradaban dalam berbagai agenda. Tidak berlebihan kalau Banten menggagas hal-hal yang berbasis dunia dengan dasar Banten,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menegaskan komitmen Pemerintah untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah hingga ke tingkat global. Dia juga menyoroti peran Provinsi Banten yang memiliki potensi besar untuk ikut serta dalam pengembangan ekosistem ekonomi halal Indonesia.

“Implementasi strategi pengembangan industri halal mesti dipercepat dan dipastikan kesinambungannya, agar Indonesia dan Banten khususnya mampu berkiprah secara optimal,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga menyampaikan tiga langkah strategis bagi Provinsi Banten dalam penguatan ekosistem ekonomi halal Indonesia. Salah satunya adalah meningkatkan sinergi lembaga keuangan syariah serta kerja sama pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah dengan kemitraan bisnis di tingkat global.

Wapres juga mengapresiasi penyelenggaraan Banten Halal Festival Ramadan 2024 sebagai wujud dalam meningkatkan inklusi dan literasi ekonomi dan keuangan syariah, khususnya produk halal.

Sebelumnya, Ketua KDEKS Provinsi Banten, Siti Ma’rifah, menyatakan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan perdana dan direncanakan untuk diselenggarakan setiap tahun dengan harapan dapat menjadikan Indonesia sebagai global halal hub dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sebagai Informasi, kegiatan Banten Halal Festival Ramadan 2024 melibatkan rangkaian acara seperti Seminar, Talkshow, Tausiyah Ramadan, Fashion Show, Musik Religi, Bazar UMKM, dan Sertifikasi Halal.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *