Jakarta – Javanewsonline.co.id |  24 April 2024 – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Virgojanti, menegaskan komitmen penuh Pemerintah Provinsi Banten dalam meningkatkan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jenis dan mutu pelayanan dasar yang menjadi hak masyarakat dapat dipenuhi minimal.

“Kami Pemerintah Provinsi Banten berupaya dan berkomitmen untuk menerapkan SPM yang terkait dengan enam urusan wajib pelayanan dasar,” kata Virgojanti usai menghadiri SPM Award 2024 di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (24/4/2024).

Enam urusan wajib pelayanan dasar tersebut meliputi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan pemukiman, ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, serta sosial.

Virgojanti menjelaskan bahwa untuk mencapai SPM yang maksimal, Pemprov Banten akan menerapkan beberapa langkah strategis sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2021 tentang Penerapan Standar Pelayanan Minimal.

Langkah-langkah strategis tersebut termasuk peningkatan komitmen dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, strategi dan inovasi dalam penyelenggaraan SPM, memperkuat tim penerapan SPM, serta memastikan penerapan SPM pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilaporkan dengan baik kepada Kementerian Dalam Negeri.

Virgojanti juga mengapresiasi Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang meraih peringkat kedua terbaik se-Indonesia dalam penerapan SPM. Dia juga mengucapkan selamat kepada Kota Tangerang dan Kota Serang yang masuk dalam nominasi lima kota terbaik.

Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, John Wempi Wetipo, menyambut baik pelaksanaan SPM dalam urusan wajib pelayanan dasar. Dia menekankan bahwa hal ini akan menjamin hak-hak individu masyarakat dan akses untuk mendapatkan pelayanan dasar yang wajib diselenggarakan pemerintah daerah.

Meskipun terdapat kendala dalam penyerapan SPM di beberapa daerah, Wetipo menyatakan bahwa secara umum terjadi peningkatan nilai indeks rata-rata SPM di Indonesia.

“Hasil yang menggembirakan pencapaian SPM Nasional menunjukkan tren peningkatan dari tahun ke tahun,” ungkap Wetipo. (Adpim/man)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *