Tangerang – Javanewsonline.co.id |  24 April 2024 – Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, hadir dalam acara Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional 2024 yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan RI di ICE BSD Convention Center, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (24/4/2024). Acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut diikuti oleh perwakilan dari 38 Provinsi, 513 Kabupaten dan Kota, serta seluruh direktur rumah sakit daerah se-Indonesia.

Al Muktabar menyampaikan bahwa banyak hal yang ditekankan oleh Presiden Jokowi terkait penguatan sistem kesehatan dalam upaya mencapai Indonesia Emas 2045.

“Dari kelengkapan fasilitas pelayanan kesehatan di RS milik Pemda hingga penguatan sistem kesehatan yang terintegrasi antara Pemda dengan nasional. Karena Indonesia Emas akan terwujud jika generasi muda kita sehat dan cerdas,” ujarnya.

Rakernas ini membahas agenda kebijakan yang terstruktur dari pusat hingga daerah, melibatkan pentahelix dan sektor swasta. Al Muktabar menegaskan bahwa penguatan kesehatan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah.

“Masyarakat juga perlu melakukan tindakan preventif untuk mencapai tingkat kesehatan individu dan keluarga yang optimal. Ini sesuai dengan arahan Bapak Menkes Budi G Sadikin tentang pentingnya penguatan preventif dalam Rakernas ini,” katanya.

Rakernas dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Bappeda, serta Direktur Rumah Sakit, mengingat kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan diperlukan dalam perencanaan jangka panjang, menengah, dan pendek.

“Ini adalah momen strategis yang akan menentukan arah kebijakan masing-masing daerah,” tambahnya.

Al Muktabar menekankan bahwa Provinsi Banten saat ini fokus pada penguatan tenaga kesehatan, sementara infrastruktur rumah sakit dan puskesmas semakin didekatkan dengan masyarakat. (Adpim/man)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *