Oleh : Wahyudi

Pagi itu udara terasa segar, matahari begitu hangat membuat semangat baru kembali datang, menyongsong harapan baru dihari ini. Sudah seminggu aku menunggu kiriman paket dari kantor redaksi ku di Pulau Jawa. Paket yang berisi Koran Mingguan edisi terbaru rencananya akan kuperkenalkan diwilayah sekitar tempat tinggalku.

Kemaren sore paket itu datang, dengan penuh semangat kubuka dan kubaca lembar demi lembar dari isi surat kabar tersebut. Kulihat pada kolom bok redaksi, tercantum namaku sebagai Kepala Perwakilan Kalimantan Tengah.

Setelah semuanya kurasa siap dan tidak ada yang tertinggal, kupacu sepeda motorku menuju ibukota Provinsi Kalimantan Tengah yakni Palangkaraya. Penat dan lelah tidak kurasakan, yang ada dalam pikiranku, aku bisa bertemu dengan pejabat-pejabat tinggi provinsi, maupun kabupaten kota yang aku lalui.

Setelah 5 jam menempuh perjalanan, sampailah aku di Kota Palangkaraya. Pertama kali yang kutemui adalah Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Senangnya aku, Wakil Gubernur Kalimantan tengah Habib Ismail Bin Yahya menyambut hangat kedatanganku. Kepadanya aku memberitahukan keberadaan para insan pers yang tergabung di PWRI Provinsi Kalimantan Tengah dan juga tergabung di media cetak Java News.

Setelah beberapa waktu berbincang-bincang dengan Wagub, aku pamit untuk mendatangi beberapa instansi di provinsi, guna melakukan penyerahan berkas Company Profil dan copy KTA, serta Surat Kuasa Penugasan sebagai Kaperwil Java News, kepada Diskominfo dan kepada Kepala kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Surat pemberitahuan tersebut menyampaikan tentang keberadaan para wartawan Media Online dan Cetak Java News. Aku menerangkan kepada mereka, bahwa kehadiranku dan Kawan-kawan Pers Java News untuk memberitahukan keberadaan media Cetak Java News dan media online Javanewsonline.co.id di Kalimantan Tengah.

Java News Adalah Media Nasional yang berbadan Hukum PT Java News Media dan keberadaannya di Kalteng ini berlindung dibawah naungan Organisasi Profesi Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Cabang Kalteng.

Dalam tugasnya wartawan Java News diwajibkan selalu berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik sesuai dengan UU Pers No 40 tahun 1999. Alamat kantor Redaksi Media Cetak dan Media Online Java News di Kota Serang Banten dan untuk kantor Perwakilan Kalimantan tengah yaitu di Kota Palangkaraya.

Aku berharap, Java News dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kota disekitarnya. Bagi kawan-kawan wartawan yang berada di wilayah Kalteng dan yang mau bergabung di Media Java News dengan senang hati aku terima agar kita bisa bekerjasama untuk mengembangkan Java News di daerah ini.

Kehadiran awak media Java News ke Diskominfo Kalteng disambut baik oleh Humas Diskominfo. Humas Kominfo Kalteng mengucapkan terima kasih dengan kedatangan awak media Java News. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa dalam menjalankan tugas yang mulia, wartawan Java News sudah memenuhi syarat sebagai pemegang Surat Tugas dan KTA di medianya tersebut.

“Terus semangat dalam memberitakan informasi publik kepada masyarakat, dengan harapan semoga pemberitaan di Media Java News berimbang sesuai fakta, seperti Motto Java News ‘Kreatif, Santun dan Berimbang’,” ucapnya.

Kunjungan dilanjutkan ke Polda Kalteng menemui Kabid Humas Polda Kalteng yang diwakili oleh AKBP Murianto. Ia menerima dengan baik kehadiran Awak Media Java News diruangan Media Center Polda Kalteng. Ia meminta agar pemberitaan yang disajikan sesuai fakta dan narasumber yang jelas dan tidak mengandung berita Hoax.

Ia juga menyarankan, agar dalam menulis berita terlebih dahulu harus melakukan konfirmasi sebelum berita tersebut sampai ke masyarakat, agar tidak ada yang merasa terganggu dan tidak menimbulkan kericuhan di dalam masyarakat.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *