Donggala Javanewsonline.co.id | Pemerintah Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, telah berhasil menjalankan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan keterlibatan petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Banawa dan kader-kader di wilayah tersebut pada tahun 2023.

Kepala Kelurahan Boya, Ikhwan Thalib, S. Sos, menjelaskan bahwa Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan secara terpadu. Tujuan utama Posyandu adalah menurunkan angka kematian bayi dan ibu hamil, melahirkan dan nifas, memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kegiatan kesehatan, Keluarga Berencana (KB), dan kegiatan lain yang mendukung masyarakat sehat sejahtera.

Ikhwan menyampaikan, “Kegiatan Posyandu diadakan satu bulan sekali secara rutin oleh kader-kader Posyandu. Pelaksanaannya dilakukan di tiga tempat, yaitu Mutiara Bunda I dan II di Jalan Petalolo Ujung RT 001/RW 001, Jalan Petalolo Tengah RT 002/RW 001, dan di kantor kelurahan Boya RT 003/RW 001. Kegiatan Posyandu melibatkan pelayanan imunisasi, edukasi gizi masyarakat, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak untuk pengembangan sumber daya manusia.”

Menurut Ikhwan, penimbangan balita dilakukan setiap bulan di Posyandu Boya untuk pemantauan pertumbuhan dan deteksi dini penyimpangan pertumbuhan balita. Data tersebut dicatat di Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui status pertumbuhan balita. “Dalam Posyandu Balita, kami melibatkan pengukuran lingkar kepala, tinggi/panjang badan, berat badan, dan pemberian vitamin oleh petugas Puskesmas Banawa dibantu oleh kader-kader Posyandu. Kami juga memberikan makanan tambahan bergizi seperti ikan, ayam, telur, susu, dan buah-buahan,” ungkapnya.

Ikhwan berharap semakin banyak partisipasi dan bantuan dari berbagai pihak, sehingga masalah stunting dapat diatasi untuk kemajuan balita dan kontribusi positif terhadap daerah Kabupaten Donggala. “Semoga angka stunting di Kecamatan Banawa dapat terus menurun melalui upaya bersama yang kita lakukan,” pungkasnya. (Sir)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *