Palangka Raya – Javanewsonline.co.id |  Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan gerakan Aksi Sapta Pesona di kawasan objek wisata air hitam dermaga Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, Jumat (14/10).

Kegiatan ini diisi dengan membersihkan sampah di kawasan dermaga kereng bangkirai yang juga merupakan objek wisata air hitam sekaligus mengkampanyekan sadar wisata dan penguatan nilai-nilai Sapta Pesona.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari dalam laporannya mengatakan, bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pentingnya sinergi peran perangkat daerah kepariwisataan, perangkat daerah lintas sektoral, kepolisian dan masyarakat setempat dalam pengembangan destinasi pariwisata, sehingga dapat menerapkan unsur-unsur sapta pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan di destinasi pariwisata.

Melalui kegiatan ini lanjut Adiah, diharapkan mampu memberikan konstribusi nyata dalam pembangunan sadar wisata dan sapta pesona destinasi pariwisata khususnya pada objek wisata dermaga Kereng Bangkirai tempat kegiatan ini berlangsung.

“Pelaksanaan kegiatan ini untuk membangkitkan kesadaran masyarakat setempat, mempersiapkan diri menjadi tuan rumah bagi wisatawan yang akan berkunjung,” jelasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Plt Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya, Kuncoro Adi menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk sinegritas antar perangkat daerah untuk memajukan industri pariwisata, khususnya di Kota Palangka Raya.

“Perhatian dan kepedulian semua pihak untuk pengembangan wisata di kawasan objek wisata air hitam ini sangat diperlukan, sebagai upaya memajukan industri pariwisata dengan menekankan kebersihan, keindahan dan keamananan, untuk menarik kunjungan wisatawan,” ucapnya.

Kegiatan aksi Sapta Pesona ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, melibatkan 250 orang yang terdiri dari Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya, Pokdarwis, masyarakat, serta mitra pariwisata yang ada di Kota Palangka Raya. (sp)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *