Palangka Raya – Javanewsonline.co.id | Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir, terhitung mulai 17 Oktober 2022, selama 21 hari ke depan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar korban banjir terutama dalam hal evakuasi dan pengungsi, Pemprov Kalteng melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov Kalteng menyerahkan bantuan satu unit perahu karet dolpin, satu unit mesin perahu, empat buah let jaket, empat buah helm, dan dua buah pengayuh pinjam pakai, di Posko Terpadu Penanganan Banjir Kabupaten Sukamara, Selasa (25/10).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Bidang Kebakaran dan Pengendalian Operasi BPBPK Prov Kalteng Indra Wiratama kepada Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sukamara Fuad Zen. 

Saat diwawancarai, Kalaksa BPBD Sukamara Agus Mulyanto mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemprov Kalteng melalui BPBPK Prov Kalteng dalam penanganan bencana banjir, khususnya di Kabupaten Sukamara.

“Ada 22 kelurahan yang terdampak sangat parah. Kondisi saat ini air terus naik, karena dampak datangnya air dari daerah Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Kami sudah mengevakuasi masyarakat terdampak banjir dan kami juga menampung seluruh masyarakat Kabupaten Sukamara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ketapang, karena desanya sudah mati total, sehingga harus mengungsi,” jelasnya.

Agus menambahkan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan perahu karet ini. “Karena saat pencarian korban tenggelam kemarin, kami kesulitan untuk mencari perahu karet, sehingga kami meminjam pada warga yang mempunyai perahu karet,” pungkasnya.

Di hari yang sama, BPBPK Prov. Kalteng juga menyerahkan bantuan serupa kepada BPBD Kotawaringin Barat (Kobar), yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBPK Prov Kalteng Kibue kepada Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Martogi, bertempat di kantor BPBD Kobar. (Suparto) 

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *