“Kalau engkau bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”.

Ungkapan pemikir Islam dan ahli tasawuf, Imam Al Ghazali, ini menjadi materi pembuka dalam pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan AR Learning Center secara zoom meeting, Minggu (27/8).

Kata-kata bijak Al Ghazali ini yang menjadi motivasi lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) milik Andre Hariyanto ini, melebarkan sayapnya dalam mengajak pemula maupun pelaku pers untuk mengembangkan diri dalam dunia jurnalistik.

“Menjadi wartawan yang handal, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Yakni, anda harus mempunyai keyakinan bahwa menulis itu mudah dan kemudahan itu membawa kesuksesan bagi penulis,” jelas Andre Hariyanto yang kerap disapa coach oleh peserta pelatihan.

Andre menekankan, bahwa menjadi wartawan harus ada kemauan untuk mempraktek materi yang dipelarinya. “Tanpa praktek, tidak ada seorang wartawan sukses menjadi penulis yang profesional,” tegas Andre.

Salah satu peserta, Rikki Fermana (Penanggung Jawab Kantor Berita Online (KBO) Bangka Belitung) menilai, diklat jurnalustik semacam ini pentingb untuk diselenggarakan, karena dapat menambah wawasan bagi.pelaku pers, juga menjadi wahan silaturahmi sesama pelaku pers. (man)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *