Takalar (Sulsel) – Javanewsonline.co.id | Bupati Takalar H Syamsari S.Pt MM memimpin Rapat Koordinasi aparat Pemerintahan Kec Marbo, terkait pencapaian ODF di Kec Marbo, Kamis 1 Oktober 2020.

Rapat berlangsung di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Takalar, dihadiri oleh Asisten I Setda Kab Takalar, Kadis Kesehatan, Camat Mangarabombang, Para Kepala desa/Lurah, Ketua BPD dan Ketua LPM se-Kecamatan Mangarabombang.

Bupati Takalar dalam rapat tersebut mengatakan, bahwa hari ini pihaknya telah melakukan pertemuan internal untuk membahas beberapa hal terkait pencapai Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Takalar, peningkatan IPM, pertumbuhan ekonomi termasuk rencana pembangunan Kawasan Briket Nusantara (KBN).

Ditambahkannya, dari 10 Kecamatan se-KabupatenTakalar, tersisa 2 Kecamatan yang belum ODF, salah satunya adalah Kecamatan Mangarabombang. “Untuk itu, hari ini kita melakukan rapat khusus berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah desa se-Kecamatan Mangara bombang untuk menyelesaikan masalah tersebut,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam rangka menuju desa yang sehat, Ia meminta agar ada koordinasi yang serius dan terus menerus antara komponen desa dengan puskesmas, dalam pendataan di masyarakat yang belum memiliki jamban. Bupati terus mengupayakan agar di bulan Desember 100 % Kab Takalar sudah mencapai ODF, karena itu sangat berpengaruh dengan IPM.

“Masyarakat yang belum memiliki jamban dapat memanfaatkan jamban kelompok yang pernah di bangun oleh PNPM, dan dimanfaatkan oleh beberapa keluarga. Satu bulan kedepan kita akan mengevaluasi apakah jamban kelompok itu berfungsi.

Jika tidak berfungsi pemerintah setempat bersama TNI/Polri akan segera membangun jamban bersama, yang bisa menutupi kekurangan jamban sehingga 100 % Kec Marbo dapat mencapai ODF,” tutup Bupati Takalar. Sementara itu, Syahrir yang baru beberapa hari dilantik sebagai Camat Mangarabombang menyampaikan, bahwa untuk Kec Marbo ada sekitar 300 lebih KK yang sudah memiliki jamban dan sebanyak 172 KK yang belum ODF, kerjasama dengan pemerintah desa. Kita berupaya agar seluruh warga di Kecamatan Mangarabombang 100% ODF. (Muhammad Rusli)   

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *