Jember – Javanewsonline.co.id | Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Adminduk) memberikan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan menyiapkan mobil keliling, Selasa (2/8).
Mobil tersebut bertujuan untuk membantu warga yang kesulitan saat mengurusi data identitas diri dan keluarga. Nantinya mobil itu akan berkeliling disetiap wilayah Kabupaten Jember sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
Kepala Dispendukcapil Jember Isnaini Dwi Susanti menyampaikan, akan menyiapkan mobil keliling, yang didesain untuk perekaman atau pengurusan adminduk lainnya, misalnya revisi Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau adminduk lainnya,” ujar Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember itu.
Ia mengaku, bahwa di Jember masih ada sekitar empat belas ribu warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dari dua juta seratus enam puluh ribu penduduk. “Biar tidak ada lagi yang mengatakan, kok perekaman KTP itu susah, karena ketikan perekaman KTP itu susah, pasti ada masalah, apakah NIK nya ganda, atau pernah buat KTP di kota lain, dan datanya belum dicabut, pokoknya harus semuanya terlayani,” ungkapnya.
Santi juga berencana akan menambahkan mesin pelayanan Anjungan Dispendukcapil Mandiri (ADM), yang dibeli dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember. Supaya pelayanan kependudukan lebih maksimal. “Melalui anggaran pemerintah Jember, beberapa bulan lalu kita juga ditawarkan dari provinsi satu mesin ADM, kita berharap mesin ADM ini lebih banyak lagi, agar masyarakat bisa terlayani dengan cepat,” ungkapnya. (Dilla)