Cilegon – Javanewsonline.co.id | Mahasiswa Politeknik Piksi Input Serang mengadakan kunjungan bisnis ke beberapa UMKM di wilayah Kota Cilegon, untuk membuka wawasan dan pola pikir tentang bisnis, serta menumbuhkan jiwa enterpreneur kepada mahasiswa melalui basis digital dengan metode pengamatan langsung terhadap pelaku bisnis dan proses pembuatan produksi dari produk UMKM.

Kunjungan tersebut dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh mahasiswa, untuk mencari pengalaman, salah satunya dengan merintis bisnis, agar mendapat pemasukan dan penghasilan tambahan, selain uang saku dari orang tua. Karena selama ini mahasiswa bingung mencari tambahan, padahal beberapa peluang bisnis dengan modal kecil ada disekitarnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan kunjungan bisnis UMKM adalah seluruh mahasiswa Politeknik Piksi Input Serang, pada Mata Kuliah Kewirausahaan (semester IV) dan Komunikasi Bisnis (semester II).

Kunjungan tersebut dilakukan pada UMKM Surga Kaos dan Konveksi dengan pemilik yaitu Nur Muhamad Firdaus, beralamat di Link Pabuaran Kelurahan Ciwedus Rt 01/06 Kota Cilegon. Kunjungan berikutnya ke UMKM Raja Dendeng, dengan pemilik H Deni Irawan, beralamat di Jl Tegal Padang No 1 Kotabumi Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon Banten, Sabtu (11/6).

Salah satu Kaprodi Bisnis Digital Nora Astriani SPsi MM mengatakan, semua berawal dari ide, jika mahasiswa mampu menemukan ide bisnis digital yang memiliki peluang bagus dan mendirikannya dengan cara yang baik, maka bukan tidak mungkin para mahasiswa bisa mencapai hasil yang maksimal.

Menurutnya, mendirikan bisnis di era digital seperti saat ini, memiliki tantangan tersendiri, tapi jika para mahasiswa bisa memulai bisnis dari sekarang dengan benar, berbagai proses selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

“Sebagai dosen mata kuliah kewirausahaan dan komunikasi bisnis, saya mengajukan permohonan untuk melaksanakan kegiatan kunjungan bisnis di dua lokasi yang berbeda, yaitu Surga Kaos dan Konveksi, serta Raja Dendeng, agar ilmu dan pengetahuan yang didapat dari berbagai kunjungan bisnis tersebut, nantinya dapat diimplementasikan dalam dunia bisnis maupun kehidupan sehari-hari, serta dapat  menumbuhkan jiwa-jiwa enterpreneur pada mahasiswa,” ujarnya. 

Melalui kegiatan kunjungan bisnis UMKM ini, sambungnya, kita bangun generasi muda yang melek bisnis dan melek digital marketing, berwawasan kewirausahaan dan memiliki jiwa enterpreneur. (Zia)  

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *