Donggala – Javanewsonline.co.id | Pemerintah Kelurahan Maleni, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, membuktikan kepeduliannya terhadap kesehatan remaja dengan melaksanakan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Generasi Remaja (GenRe). Acara yang digelar di Pos Melati RT.01/RW.01 Maleni sejak Senin (12/2/2024) ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan khusus untuk remaja.

Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Rosida, Koordinator kegiatan, menjelaskan bahwa Posyandu GenRe fokus pada kesehatan fisik dan mental remaja. Kegiatan ini didesain untuk membantu perkembangan mereka, menjembatani masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa.

“Posyandu GenRe adalah kegiatan berbasis kesehatan masyarakat yang secara khusus menargetkan remaja hingga dewasa. Tujuannya adalah untuk memantau dan melibatkan mereka dalam peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkelanjutan,” ujarnya.

Rosida menekankan beberapa manfaat dari kegiatan Posyandu GenRe, termasuk peningkatan pengetahuan kesehatan, pemberdayaan remaja dalam hidup sehat, sosialisasi di kalangan remaja, serta pemantauan kesehatan secara terus-menerus.

Kepala Kelurahan Maleni, Syech Al Idrus, SE, menyampaikan bahwa kegiatan Posyandu remaja melibatkan berbagai kegiatan setiap bulannya, seperti pengisian kuesioner kesehatan, pemeriksaan kesehatan, dan layanan kesehatan. Beragam kegiatan seperti konseling, senam, pemutaran film, dan permainan juga diadakan secara rutin.

“Remaja usia 10 hingga 19 tahun diikutsertakan dalam kegiatan GenRe. Mereka menjalani pengukuran lingkar lengan, lingkar badan, dan pengambilan sampel darah untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka,” tambahnya.

Dalam kerangka upaya pencegahan, kegiatan Posyandu GenRe juga menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya Narkoba. Materi disampaikan oleh PLKB, Kader KB, dan Kader PKK untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap risiko penyalahgunaan Narkoba dan mendukung kesadaran masyarakat terhadap bahaya tersebut.(Sir)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *