Unsur yang terlibat pada saat pengibaran bendera merah putih di Suar Karang Unarang yaitu KRI Ajak-653, KRI Sultan Nuku-373, Satgas Pamtas Marinir dan Satgas Kopaska TNI-AL dan yang bertindak sebagai Irup Komandan KRI Ajak-653 Letkol Laut (P) Saifudin Zukhri, dari Satuan Kapal Cepat Koarmada II yang membawahi 65 personel.

Ada pula KRI Sultan Nuku-373 Letkol laut (P) Iwan Hendra Susilo, Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang membawai 65 personel.

Saat ini sedang melaksanakan operasi di daerah perbatasan di bawah BKO Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Deny prasetyo, kegiatan pengibaran bendera merah putih di Karang Unarang merupakan kegiatan rutin sepanjang tahun yang akan dilaksanakan oleh unsur Guspurla Koarmada II.

Letkol laut (P) Saifudin mengatakan, sepanjang laut perbatasan Indonesia Malaysia senantiasa dilakukan pengawasan, guna menjaga agar tidak ada yang melakukan pelanggaran hukum di laut indonesia.

“Aktifitas penyeludupan barang terlarang, seperti narkoba serta pedagangan manusia, khususnya PMI illegal, serta kapal nelayan asing, akan di usir jika mereka melakukan penangkapan ikan di laut indonesia di sepanjang operasi Guspurla Koarmada II KRI Ajak di perbatasan laut Indonesia,” ujar Saifudin.

KRI Ajak dan KRI Sultan Nuku menaikkan bendera merah putih di Karang Unarang pada hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022. Karang Unarang yaitu perbatasan Indonesia Malaysia, yang senantiasa dijaga dengan baik oleh petugas TNI, agar selalu dalam keadaan aman.

Kenaikan bendera merah putih pada peringatan HUT RI ke 77 th, dilakukan juga di Pelabuhan Lintas Batas Negara (PLBN), yang berada di pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara. (Sahabuddin)   

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *