GOWA – JAVANEWSONLINE.CO.ID  |  Darmawangsyah Muin, Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulawesi Selatan, semakin yakin untuk maju sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Gowa dalam Pilkada 2024-2028 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang. Wakil Ketua DPRD Sulsel ini telah mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra dan PKB, yang memastikan ia memenuhi syarat minimum 9 kursi yang diperlukan oleh KPU untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati Gowa.

“Alhamdulillah, rekomendasi dari Gerindra dengan 8 kursi dan PKB dengan 1 kursi menjadi modal awal untuk memenuhi syarat 9 kursi di Gowa. Rekomendasi PKB sudah saya pegang,” kata Darmawangsyah pada Jumat (7/6/2024).

Selangkah lagi, Darmawangsyah, yang dikenal dengan inisial DM, menantikan rekomendasi B1-KWK dari partai koalisi seperti PKS, Demokrat, dan Perindo. Dokumen B1-KWK merupakan surat pernyataan resmi dari partai politik untuk mendukung pasangan calon bupati atau wakil bupati dalam pemilihan kepala daerah. “Saya telah mendaftar dan mengembalikan berkas ke beberapa partai seperti Demokrat, Perindo, PDIP, PKS, dan NasDem. Dengan rekomendasi dari PKB, saya berharap partai lain akan bergabung dengan kami,” tambah DM.

Hasil rekapitulasi suara Pileg 2014 di Gowa menunjukkan bahwa PPP memperoleh 12 kursi, diikuti oleh Gerindra dengan 8 kursi. Partai NasDem dan PAN masing-masing memperoleh 6 kursi, sementara Golkar dan PPP juga masing-masing memperoleh 6 kursi.

Jika DM mendapatkan dukungan dari lima partai untuk maju dalam Pilkada Gowa, ia akan memiliki total 16 kursi: Gerindra 8 kursi, Demokrat 4 kursi, PKS 2 kursi, dan masing-masing 1 kursi dari PKB dan Perindo. DM, yang juga bertugas sebagai sekretaris tim pemenangan Prabowo-Gibran untuk wilayah Sulawesi Selatan dalam Pilpres 2024, terus berusaha berkomunikasi dengan PDIP dan NasDem untuk mendapatkan dukungan tambahan.

“Saya juga berpartisipasi dalam NasDem dan PDIP. Ada pembicaraan khusus, yang akan kita lihat nanti. Kami berusaha,” kata DM. Ia juga berniat mengunjungi Golkar untuk menjalin silaturahmi dan mendapatkan dukungan.

Dr. Tasrifin Tahara, pakar politik dari Unhas, menyatakan bahwa DM memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada Gowa. Dengan dukungan kuat dari Partai Gerindra serta kemungkinan dukungan dari partai koalisi lainnya, DM dinilai memiliki modal politik yang kuat. Kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 juga memberikan dampak positif bagi DM dan kader Gerindra lainnya di daerah.

Darmawangsyah Muin saat ini sedang menjajaki tiga nama calon pendamping, namun belum mengungkapkan nama-nama tersebut. Dengan dukungan yang terus mengalir, DM siap melangkah lebih jauh dalam kompetisi Pilkada Gowa. (Ahmad Leo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *