Desember 4, 2023

Serang Aquatic Festival, Menggali Potensi Perikanan Kab Serang

Serang – Javanewsonline.co.id |  Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, aktif mempromosikan potensi perikanan di Kabupaten Serang. Dalam upayanya untuk mengembangkan sektor ini, ia menghadiri Serang Aquatic Festival 2023 di Halaman Pendopo Bupati Serang pada Selasa, (7/11).

Acara tersebut menampilkan beragam stand perikanan, mulai dari ikan budidaya, landscape akuarium, hingga makanan olahan perikanan. Bupati Tatu menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk mempertemukan para pelaku perikanan, termasuk nelayan, pembudidaya, perusahaan, dan tenaga ahli dari perguruan tinggi.

“Dalam festival ini, mereka semua berkumpul untuk berdiskusi mengenai pengembangan potensi perikanan di Kabupaten Serang,” kata Bupati Tatu kepada wartawan.

Lebih lanjut, Bupati Tatu menegaskan bahwa Serang Aquatic Festival 2023 tidak sekadar seremonial. Dinas Perikanan akan segera mengambil tindakan nyata dengan meluncurkan program pengembangan di wilayah pesisir.

Potensi perikanan di Kabupaten Serang sangat besar, mulai dari garis pantai yang panjang, luasnya lahan tambak, hingga kualitas air tawar yang baik. “Kabupaten Serang memiliki potensi yang sangat lengkap,” tambahnya.

Bupati Tatu juga merasa bahwa potensi tersebut belum dimaksimalkan. Sehingga, Kabupaten Serang belum menjadi ikon dalam sektor perikanan. “Kabupaten Serang memiliki produk unggulan seperti bandeng, udang vaname, dan udang lobster,” katanya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana, menegaskan bahwa Serang Aquatic Festival 2023 merupakan wujud kolaborasi antara berbagai pihak dalam upaya mengembangkan potensi perikanan di Kabupaten Serang.

Ia menekankan bahwa acara ini akan menghasilkan potensi perikanan yang dapat dikembangkan lebih lanjut. “Tindak lanjut dari festival ini akan menghasilkan hasil konkret, kami semua bersatu dalam visi untuk mengembangkan sektor perikanan,” ungkap Zaldi. (*)